SENAM NIFAS

SENAM HAMIL

A. Pengertian Senam Hamil
Senam hamil adalah program kebugaran yang diperuntukan bagi Ibu hamil. Oleh karena itu senam hamil memiliki prinsip-prinsip gerakan khusus yang disesuaikan dengan kondisi ibu hamil. Latihan-latihan pada senam hamil di rancang khusus untuk menyehatkan dan membugarkan Ibu hamil, mengurangi keluhan yang timbul selama kehamilan, serta mempersiapkan fisik dan psikis Ibu dalam menghadapi persalinan. Tujuan dari program hamil adalah membantu Ibu hamil agar nyaman, aman dari sejak bayi dalam kandungan hingga lahir.
Dalam perkembangannya, senam hamil banyak menimbulkan kontroversi. Hal ini di sebabkan dalam kalangan masyarakat dahulu (dam mungkin masih ada sampai sekarang) yang terjebak mitos bahwa seorang Ibu hamil tidak boleh bekerja, tidak boleh banyak bepergian, tidak boleh makan ikan, dan masih banyak tidak boleh yang lain. Akan tetapi saat ini sudah banyak disadari senam hamil merupakan bagian penting dari perawatan kehamilan.
Saat menghadapi persalinan, umumnya Ibu-Ibu (baik yang belum maupun sudah berpengalaman melahirkan) di landa rasa lemas dan panic. Hal ini membuat otot-otot di jalan lahir dan sekitarnya, sehingga menghambat. Kelancaran proses persalinan lewat berbagai latihan dan penjelasan seputar persalinan dikelas senam hamil, diharapkan calon Ibu lebih percaya diri dan tak panic saat menghadapi persalinan.

B. Manfaat Senam
Barbara Hoistein dalam shaping up for a healthy pregnarcy menyebutkan manfaat senam hamil sebagai berikut :
– Memperbaiki sirkulasi
– Meningkatkan keseimbangan otot-otot
– Mengurangi bengkak-bengkak
– Mengurangi resiko gangguan gastrointestinal, termasuk sembelit
– Mengurangi kejang kaki
– Menguatkan otot perut
– Mempercepat penyembuhan setelah penyembuhan
Senam dapat mengurangi berbagai gangguan yang umumnya terjadi selama kehamilan seperti pemekaran pembuluh darah (varises), sakit pinggang, serta nyeri otot-otot & persendian. Meningkatkan stamina, yang sangat diperlukan selama persalinan & menguatkan serta mengencangkan otot-otot yang paling banyak dipengaruhi 01 K.) : otot peluis, otot perut & otot pinggang.
Program senam hamil yang baik juga dapat memperbaiki postur tesebuh karena pengaruh rahim & perut yang mengembang sehingga menyebabkan daerah peluis bergeser ke depan. Gerakan-gerakan senam untuk mengencangkan otot-otot pantat, punggung, bahu, perut akan menjaga penampilan anda tetap cantik & mengurangi kemungkinan berbagai gangguan akibat postur tubuh kurang sehat.

C. Tujuan Senam Hamil
Dengan mengacu pada sasaran utama senam hamil yaitu menyamankan kehamilan dengan mempermudah persalinan, maka program senam hamil ditujukan untuk :
1. Meningkatkan kebugaran tubuh secara keseluruhan
2. Menguatkan & merengangkan otot-otot tertentu terutama otot yang berperan untuk persalinan & mempertahankan postur.
3. Meningkatkan relaksasi tubuh terutama otot dasar panggul yang berperan besar dalam proses persalinan
4. Melatih teknik pernafasan yang sangat dibutuhkan untuk mengatasi rasa nyeri misalnya kala I maupun kala II.

Dengan tujuan diatas maka dapat dirumuskan komponen utama dalam senam hamil yaitu :
– Latihan kebugaran
– Latihan penguatan & perengangan
– Latihan relaksasi
– Latihan pernafasan

D. Kondisi Yang Membatalkan Senam

Jika anda menderita salah satu kondisi yang terdaftar dibawah ini, sebaiknya intensitas senam anda kurangi. Bahkan mungkin perawat medis anda akan menyatakan bahwa senam hamil terlalu riskan bagi anda. Jadi hentikan senam dan hubungi perawat medis secepatnya jika anda dinyatakan menderita salah satu kondisi-kondisi berikut selama hamil.
– Penyakit myocardial aktif (penyakit pada dinding jantung bagian dalam )
– Kelainan jantung
– Penyakit jantung rematik
– Thromboplebitus (radang otot dan gumpalan darah beku)
– Pulmonary embolism (gumpalan darah pada paru-paru)
– Isoimunisasi akut (misalnya : jika RH-negatif Ibu, antibody akan berkembang & merusak RH-positif pada sel darah bayi).
– Rentan terhadap kelahiran premature
– Pendarahan pada vagina/selaput membrane pecah
– Gangguan pada perkembangan rahim
– Adanya tanda-tanda kelainan pada janin (seperti terlihat melalui gangguan, gerakan janin yang lamban, melalui pemantauan aktivitas janin) sakit perut/dada.
– Bengkak mendadak pada muka, tangan sakit kepala/pusing

E. Tanda-tanda Peringatan Untuk Menghentikan Senam

Jika anda mengalami salah satu tanda-tanda dibawah ini, hentikan senama segera & hubungi perawat medis anda
– Perdarahan vagina
– Sakit perut/dada
– Bengkak mendadak pada tangan, muka & kaki
– Sakit kepala berat & menetap
– Pusing-pusing, sakit kepala ringan
– Akitivitas janin menurun
– Merah pada kaki, terasa sakit
– Rasa linu pada daerah pangkal paha & pinggul
– Rasa perih & panas saat bak
– Iritasi pada liang vagina
– Suhu mulut melebihi 1000F (380C)
– Mual-mual/muntah
– Kontraksi otot rahim
– Jantung berdebar
– Sesak nafas

F. Hal-hal yang perlu di perhatikan :
1. Lakukan seluruh rangkaian senam ini sebatas kemampuan. Rasa nyeri jantung berdenyut terlalu keras & sesak nafas merupakan tanda batas yang tidak boleh di lampui
2. Lakukan senam hamil ini 3x seminggu & sebaiknya ikutlah bergabung dengan ibu hamil lain dan di Rumah Sakit atau Rumah Bersalin yang akan di pakai untuk bersalin
3. Senam relaksasi pernafasan dan penenangan dapat di lakukan setiap saat apabila di butuhkan.
4. Pantaulah gerakan bayi sebelum, selama dan sesudah melakukan senam.
5. Apabila kehamilan sudah > 5 bulan latihan relaksasi di lakukan pada posisi Minggu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: